Pengaruh Pelatihan Berpikir Positif Terhadap Efikasi Diri Akademik Mahasiswa
(Studi Eksperimental di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang)
Aswendo Dwitantyanov, Farida Hidayati, dan Dian Ratna Sawitri
Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro
ABSTRAK
Pendahuluan: Efikasi diri akademik merupakan keyakinan individu untuk menghadapi tugas-tugas akademik sesuai yang diharapkan. Efikasi diri akademik mendorong mahasiswa untuk ulet dan gigih dalam menyelesaikan tugas-tugas kuliah, mencapai tujuan, dan mengatasi hambatan yang muncul (Bandura, 1997, h. 117). Berpikir positif membantu mahasiswa menghadapi situasi yang menimbulkan stres dalam studi dan membuat mahasiswa fokus pada hal-hal positif. Untuk itu, berpikir positif sering dijadikan tolak ukur efikasi diri akademik yang tinggi, karena membuat mahasiswa fokus pada kemungkinan berhasil dalam akademik saat situasi rawan stres (Kivimaki, dkk, 2005, h. 413).
Metodologi: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan berpikir positif untuk meningkatkan efikasi diri akademik mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada 21 mahasiswa tahun pertama tingkat S1, belum pernah mengikuti pelatihan berpikir positif sebelumnya, dan memiliki tingkat efikasi diri akademik yang rendah. Mahasiswa dikelompokkan dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Hipotesis yang diajukan Ada perbedaan perbedaan efikasi diri akademik pada kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian ini menggunakan desain Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Pelatihan berpikir positif diberikan selalam tiga pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan skala efikasi diri akademik mahasiswa.
Hasil: Hasil pengujian hipotesis dengan Independent Sample t-test menghasilkan nilai p (0,000) < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan skor efikasi diri akademik yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan. Dengan demikian, berpikir positif dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan efikasi diri akademik pada mahasiswa.
Simpulan: Ada pengaruh pelatihan berpikir positif terhadap efikasi diri akademik mahasiswa tahun pertama fakultas psikologi Universitas Diponegoro Semarang.
Kata Kunci: Pelatihan berpikir positif, efikasi diri akademik, mahasiswa.
Hubungi admin di aswendo.hidupiniindah@gmail.com
atau di facebook @aswendo
0 komentar:
Posting Komentar